Minggu, 12 November 2017

Memilih PR Agency Yang Tepat untuk Brand Perusahaan

Related image

konsultan pr jakarta - Baru-baru ini, saya menulis mengenai kekeliruan yang PR kerjakan ketika mereka jadi tim Public Relations pada suatu perusahaan. Tapi apa langkah yang perlu perusahaan kerjakan untuk meyakinkan kalau sistem tender mereka berhasil? Saya suka untuk menyebutkan kalau setelah sistem tender yang panjang, saya suka dengan pilihan yang sudah kita buat dan tentu merasa kalau sudah memperoleh tim paling baik yang sesuai sama objective dan biaya yang ada.

Tersebut disini beberapa tips untuk memperoleh PR agency yang paling baik untuk Kamu.

1. Buat brief yang detil dan detil 

Catat singkat detil yang menguraikan apa sajakah keperluan PR Kamu, maksud bisnis organisasi untuk th. depan atau siapa kompetitor utama Kamu dan apa yang perusahaan Kamu kehendaki. Hal semacam ini dapat terlihat seperti Kamu tengah melakukan pekerjaan buat mereka, namun dengan melakukan langkah tersebut Kamu dapat peroleh hasil maksimum dari sistem itu. Hingga PR Agency pun juga akan bekerja sesuai sama arahan brief Anda

2. Beri range biaya yang Kamu punyai sampai paling maksimum 

Banyak di antara perusahaan katakan begini, ”Ah biarlah saja mereka kemukakan proposalnya, kita juga akan saksikan bagian kreatif, inspirasi dan kiat mereka dahulu. Bila dibatasi dengan harga tentu tidak berkembang. ”

Berlaku jujur dalam harga sangat penting, Karena Kamu juga akan memilih partner yang jujur juga bukanlah. Beberapa memilih tidak untuk memberi jumlah dengan pertimbangan jika Kamu memberitahukan mereka kalau Kamu memiliki X untuk di habiskan, tawaran juga akan senantiasa datang tepat diatas angka itu. Tetapi, penting agar bisa memperbandingkan apel dengan apel. Agen PR lokal kecil dengan tiga orang staf mungkin tambah lebih murah dari pada agen internasional yang besar, namun kekuatan mereka relatif jadi tambah lebih terbatas.

Pilih instansi sama yang mungkin dapat penuhi keperluan Kamu dan memberitahukan mereka kurang lebih berapakah banyak Kamu ingin butuhkan. Lalu, duduk dan saksikan instansi yang tawarkan paling pas untuk uang Kamu – beberapa juga akan terkesan dengan kampanye kreatif yg tidak mahal, sesaat yang beda juga akan memilih untuk memprioritaskan beberapa inspirasi lama yang sama yang sudah berhasil selama bertahun-tahun. Selanjutnya, Kamu tahu apa yang berada di biaya Kamu untuk saat ini – Kamu tahu berapakah banyak Kamu harus butuhkan.

3. Peroleh credential yang rinci 

Umumnya PR agency memiliki dek standard yang meliputi beberapa info latar belakang, memenangi penghargaan apa, staf lokal dan global, testimonial, client profil tinggi, kekuatan dan spesialisasi. Ini juga akan diperbaharui untuk memasukkan perincian khusus dari Akun Director, Manager dan eksekutif yang juga akan bekerja pada akun Kamu. Menilainya dokumen-dokumen ini dengan hati-hati dalam mengambil keputusan siapa yang perlu di ambil untuk ke step selanjutnya. Pengalaman kami tunjukkan kalau Kamu harus menilainya buku dari sampulnya – geladak mencari yang paling profesional tunjukkan perhatian besar untuk detil dan senantiasa datang dari beberapa orang dengan pitches paling profesional.

4. Mengaudisi beberapa agensi melalui telepon 

Setelah Kamu sudah meninjau deck, hati-hati memerhatikan testimonial dari client beda, Kamu siap untuk mulai shortlisting. Bila manajer senior juga akan ikut serta, dapat susah untuk pesan banyaknya waktu dalam jadwal mereka, dan Kamu tidak mau ambil waktu mereka dengan lembaga yang tentu tidak pas – melakukan screening melalui telepon untuk meyakinkan ini tidak terjadi. Untuk agen, ini adalah peluang untuk mereka untuk memajukan pertanyaan dan memperoleh penilaian yang lebih baik dari Kamu jadi sebuah perusahaan. Untuk Kamu, itu yaitu peluang bernilai untuk mengukur profesionalisme, pengalaman dan tim, dan meyakinkan tender berhasil tanpa ada usaha penting yg tidak jadi pertemuan tatap muka.

5. Pilih lembaga paling baik untuk pertemuan tatap muka 

Setelah audisi melalui telepon, mengatur pertemuan tatap muka dengan instansi iyang Kamu paling pas untuk budaya Kamu, yang juga akan dapat menjangkau KPI Kamu, dan – penting – yang juga akan jatuh dalam biaya Kamu. Tunjuk sebuah tim yang juga akan mengurusi akun bila mereka menghadiri pertemuan. Buat spreadsheet yang diisi daftar persyaratan instansi dan posisi, dan menandai mereka berdasar pada basic yang pasti, transparan. Kolom dapat meliputi pengalaman, kreatifitas, biaya, kepribadian, respon singkat Kamu dan kemampuan keseluruhnya lapangan. Persyaratan yang Kamu pilih juga akan bergantung pada keperluan khusus Kamu – yang penting yaitu kalau setiap instansi diberi penilaian yang adil, dan tidak terima perlakuan istimewa. Hal semacam ini meyakinkan hasil paling baik untuk departemen PR Kamu, dan bermakna Kamu memiliki dokumen yang pasti tunjukkan bagaimana dan kenapa Kamu buat pilihan Anda

6. Membawa tiga agency dipilih jadi finalis 

Setelah putaran pertama tatap muka wawancara, menyatukan beberapa pengambil ketentuan untuk rapat. Memperbandingkan catatan. Biasanya, Kamu juga akan temukan kalau umumnya orang ambil pada kemampuan yang sama dan kekurangan dalam lapangan, walau diskusi dapat merubah beberapa penilaian penambahan dan menolong. Menaikkan score Kamu dari spreadsheet Kamu dan menyingkirkan dua instansi posisi paling rendah. Lalu, mengundang dua finalis kembali. Pertemuan tatap muka pertama biasanya diisi pengantar, dengan ke-2 belah pihak menerangkan sedikit mengenai histori perusahaan mereka, dan dimana perusahaan mereka hari ini. Pertemuan ke-2 tambah lebih detil, menggali kiat yang diusulkan dan beberapa inspirasi kampanye tertentu. Biaya mungkin juga akan dibicarakan dengan lebih detil. Kepribadian juga akan kebih diliat, karena ini yaitu beberapa orang yang Kamu juga akan bekerja bersama – tim mana yang nampaknya seperti mereka juga akan tetaplah tenang dan memberi tekanan? Tim yang nampaknya juga akan mengasyikkan untuk bekerja dengan mereka sehari-hari?

7. Melakukan penawaran harg 

Posisi instansi pada persyaratan objektif dan subjektif lagi, dan buat penawaran untuk agen ysng lebih Kamu sukai. Kamu mungkin ingin membawa anggota Legal, Keuangan atau tim Procurement pada titik ini untuk menolong dengan dokumen. Set Service Level Agreements dalam kontrak, dan retain agency selama tidak lebih dari tiga th..

Lihat juga : konsultan public relations

0 komentar:

Posting Komentar